Rabu, 23 November 2011

gemlan dan tari

Gamelan dan Tari Tradisional Indonesia Semakin Populer di Slovakia

Selasa, 08 Juni 2010
Pagelaran seni
Tari tradisional Indonesia dan musik gamelan semakin populer dan diminati oleh masyarakat Slovakia. Selama ini, berbagai pagelaran tari tradisional dan musik gamelan yang diadakan oleh KBRI Bratislava di berbagai tempat dan kota di Slovakia selalu dipadati oleh penonton yang berasal dari kalangan generasi tua dan muda.

KBRI kembali mengadakan pagelaran tari tradisional Indonesia dan musik gamelan dalam Festival Budaya ke-11 di Trencianske Teplice (6/6). Pagelaran yang mengambil tempat dan lokasi yang menarik di ‘Taman Kota’ kota spa teraphy tersebut dihadiri tidak kurang dari 650 pengunjung.
Pada hari yang sama di kota yang berbeda, tari tradisional dan musik gamelan dipagelarkan untuk memperingati 50 Tahun kota Dubnica, Slovakia. Tidak kurang dari 350 orang hadir pada pagelaran ini.

Menurut siaran pers KBRI Bratislava, besarnya antusiasme masyarakat Slovakia terhadap pagelaran seni budaya Indonesia tersebut didukung tempat penyelenggaraan yang strategis dan menarik. Selain itu juga karena seni budaya yang ditampilkan dianggap unik dan khas oleh masyarakat Slovakia. Bahkan, musik gamelan dan tari yang ditampilkan melibatkan kaum muda Slovakia sendiri.

Dengan berbusana pakaian dan nuansa tradisi Indonesia, puluhan kaum muda Slovakia bersama warga Indonesia tampil memukau para pengunjung ketika memainkan musik gamelan membawakan lagu ‘Gambang Suling’ dari Jawa Tengah, ‘Janger’ dari Bali, lagu ‘Tota Helpa’ dari Slovakia dan ‘Bapang Selisir’ dari Bali.

Saat lagu ‘Bapang Selisir’ dimainkan, dua orang mahasiswi dari ‘Academy of Performing Arts, Slovakia tampil menari mengikuti dentingan musik gamelan tersebut. Pagelaran gamelan semakin menarik karena dimainkan dengan musik hasil kolaborasi alat musik gamelan dan alat musik modern berupa keyboard dan flute. Dalam kesempatan yang sama juga ditampilkan ‘tari Rantak’ dari Sumatera Barat yang dibawakan dua penari warga Slovakia lainnya dengan luwes.
Pagelaran tari dan musik tradisional Indonesia selalu mewarnai kegiatan promosi Indonesia yang diadakan dengan memanfaatkan event-event dan tempat-tempat penting dan strategis di Slovakia seperti acara International Travel Fair, gedung Radio Slovakia, gedung Stara Trnizca Bratislava, Panggung Centrum Bratislava, dan acara-acara festival lainnya. (sumber: KBRI Bratislava)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar